Posts Subscribe to (PUT YOUR BLOG NAME HERE)Comments

Selasa, 17 Maret 2009

FACE BOOK
Dunia Baru,manfaat atau mudharat ?

Sekarang ini kelihatan di sekeliling kita dengan semakin murah dan mudahnya teknologi, orang-orang mulai keranjingan Situs Jejaring Sosial yang namanya Facebook. Mulai dari orang tua sampai anak-anak (dengan memalsukan data, karena ada batas umur untuk penggunanya), anak SD sampai dengan Program Doktoral, staff administrasi sampai Direktur, ibu rumah tangga maupun wanita karir, artis dan selebritis, tokoh agama maupun tokoh pluralis, pokoknya tidak terbatas, semuanya akan meluangkan waktu kehidupannya paling tidak 15 – 30 mnt di depan computer, handphone dan ehm tentunya BB, untuk sekedar updated status atau lihat-lihat photo dan lainnya.

Apakah ada ilmuwan atau ahli dalam bidang disiplin tertentu yang telah menyelidiki fenomena ini ? saya tidak pernah tahu secara persis. Sebagai orang awam dan secara awam coba kita lihat ; pertanda atau gejala apakah ini ? apa yang ada dibenak dan pikiran para pengguna ketika menjalankan aplikasi ini ? apakah aplikasi ini memiliki dampak terhadap penggunanya ? posotifkah ? atau negatifkah ?

Mungkin ( ini mungkin lho menurut saya……) jika ada penelitian dari bidang ilmu psikologi, atau social atau keagamaan atau politik atau keinformasian danseterusnya, hasilnya dapat digunakan untuk memperoleh gambaran seperti apakah masyarakat kita, atau apa yang diinginkan oleh kebanyakan mereka, atau ada yang dapat dimanfaatkan melalui kegiatan mereka. Seperti misalnya Obama yang sukses dengan terpilih sebagai Presiden, ditengarai ada juga sumbangan aplikasi ini. Sehingga banyak juga para Caleg di Indoensia yang juga ikutan nampang di Facebook. Atau iklan produk komersial, tidak diragukan lagi manfaatnya karena ditatap oleh jutaan pasang mata. Bertemu dengan teman lama, menambah teman baru yang datang dari seorang teman dan seterusnya. Dan manfaat lainnya silakan saja digagas dan diteliti.

Mungkin juga (masih mungkin menurut saya .......) justru yang terjadi adalah ada orang yang : melalaikan ibadahnya, lupa makan, jadi individualis, melalaikan pekerjaan kantor atau sekolah. Yang secara kasat mata kelihatan antara lain menjadi arena snobisme baru, photo diluar negeri, photo alumni sekolah bergengsi, photo kegiatan dengan para petinggi, updated status melalui perangkat canggih sehingga bisa di update dari sembarang tempat sambil memberitahu apa yang yang sedang dikerjakan.

Jadi apakah anda termasuk di dalam dunia baru ini ? Silahkan di coba. Karena agak tidak seimbang kalau kasih komentar tapi belum mencoba, minimal melihat-lihat sajalah.

Wassalam

Categories



Widget by Scrapur

1 komentar:

Xenia Elmirany Latief mengatakan...

Kata orang, Fesbuk, chatting, dsb bisa mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Bisa silaturahmi sama temen lama yang ga pernah ketemu, tapi jadi nyuekin keluarga & temen yang jelas-jelas deket.

Ya, situs-situs jejaring sosial itu memang bisa sangat berdampak negatif. Tapi bisa juga positif. Bisa berdakwah lewat tulisan, bisa silaturahmi, bisa dapat informasi berharga...tapi bisa juga buat melalaikan ibadah, pekerjaan, dsb. Ini yang sangat gawat. Jadi memang harus pintar-pintar ngingetin diri sendiri kalau udah mulai wasting time. ^_^

Posting Komentar

 

Dark Side Blogger Template

Dark Side Blogger Template

Dark Side Blogger Template

Dark Side Blogger Template Copyright 2009 - ABDULLOH BLOG is proudly powered by Blogger.com Edited By Belajar SEO